Pengaruh Ukuran Dewan Direksi dan Islamic Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan: Studi pada Bank Syariah yang Terdaftar di OJK Tahun 2016-2020

  • Wulandary Ramadhani Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Vanica Serly Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
Keywords: board size, islamic corporate social responsibility, firm value

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of board size and Islamic corporate governance on firm value. The population in this study are Islamic Commercial Banks registered with the OJK. The research design in this study is a quantitative approach using secondary data. Secondary data is obtained from each website of Islamic Commercial Banks. We then analyzed the data using multiple linear regression analysis techniques. This research is (1) board size has a significant effect on firm value (2) Islamic corporate social responsibility has no effect on firm value.

References

Ananda, Chintya Zara, and N. R. Erinos. "Pengaruh islamic corporate governance dan islamic corporate social responsibility terhadap kinerja perbankan syariah." JURNAL EKSPLORASI AKUNTANSI (JEA) 2.1 (2020): 2065-2082.

Beiner, S., Drobetz, W., Schmid, M. M., & Zimmermann, H.(2004). An Integrated Framework of Corporate Governance and Firm Valuation - Evidence from Switzerland. Finance Working Paper No. 34, 01-53.

Deegan, Craig. "Introduction: The legitimising effect of social and environmental disclosures–a theoretical foundation." Accounting, auditing & accountability journal (2002).

Dewi, Kadek Ria Citra, and I. Gede Sanica. "Pengaruh kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia." Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis 2.1 (2017): 231-246.

Dwiastuti, D. S., Dillak, V. J., Akuntansi, P. S., Ekonomi, F., & Telkom, U. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kebijakan Hutang, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal ASET (Akuntansi Riset), 11(1), 137–146. https://doi.org/10.17509/jaset.v11i1.16841.

Lastanti, H. S., & Salim, N. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, Dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Trisakti, 5(1), 27. https://doi.org/10.25105/jat.v5i1.4841

Kristie, O., & Robin. (2016). Pengaruh Tata Kelola Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Keuangan yang Terdaftar di BEI. 20 Nomor 1.

Putri, I., & Suprasto H, B. (2016). Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dan Mekanisme Tata Kelola Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 15(1), 667–694.

Rayhan, ariq dan azib, E. nur H. (2017). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance , Islamic Social Reporting dan Intellectual Capital Disclosure terhadap Nilai Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2015-2017. Prosiding Manajemen, 5(2), 839–846.

Susilawati. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Perbankan. Akurasi : Jurnal Studi Akuntansi Dan Keuangan, 2(1), 31–46. https://doi.org/10.29303/akurasi.v2i1.13

Utami, Reistiawati, and Meina Wulansari Yusniar. "Pengungkapan Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) dan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan sebagai Variabel Intervening." EL MUHASABA: Jurnal Akuntansi (e-Journal) 11.2 (2020): 162-176.

Published
2023-06-19
How to Cite
Ramadhani, W., & Serly, V. (2023). Pengaruh Ukuran Dewan Direksi dan Islamic Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan: Studi pada Bank Syariah yang Terdaftar di OJK Tahun 2016-2020. Jurnal Nuansa Karya Akuntansi, 1(1), 60-68. https://doi.org/10.24036/jnka.v1i1.8